Pentingnya Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat bagi Ibu Milenial

Jum'at, 27 September 2019 - 20:30 WIB
Pentingnya Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat bagi Ibu Milenial
Pentingnya Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat bagi Ibu Milenial
A A A
JAKARTA - Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day (WCD) merupakan momen penting setiap tahunnya untuk menyuarakan pentingnya kesadaran kesehatan reproduksi perempuan dan perencanaan keluarga untuk kualitas hidup serta kesejahteraan perempuan juga keluarganya. WCD diperingati pada 26 September setiap tahunnya.

"Beberapa tahun ke depan jumlah penduduk usia produktif akan meningkat di Indonesia yang didominasi oleh generasi Y atau generasi milenial. Generasi milenial sangat terbiasa melibatkan teknologi dalam segala aspek kehidupan. Untuk itu Bayer melihat pentingnya menyediakan informasi terkait kesehatan reproduksi dan kontrasepsi yang akurat dengan pemanfaatan teknologi digital sebagai edukasi dan sumber terpercaya bagi seorang ibu milenial sehingga mereka memiliki the Power of Options," kata Angel Michael Evangelista selaku Presiden Direktur PT Bayer Indonesia.

The Power of Options dijelaskan dr. Boy Abidin, SpOG(K) merupakan hal penting bagi ibu milenial. Memiliki kesempatan untuk memilih yang terbaik bagi kesehatan reproduksi dan melakukan perencanaan keluarga yang tepat, dapat membantu ibu milenial untuk mempersiapkan kehamilan dan menjaga kesehatan selama kehamilan sehingga dapat melahirkan generasi baru yang berkualitas.

"Selain itu, perencanaan keluarga juga bermanfaat bagi ibu milenial untuk memberdayakan dirinya dalam segi pendidikan, sosial dan ekonomi. Kemudahan akses informasi tentang pentingnya perencanaan keluarga dan berbagai macam alat kontrasepsi serta manfaatnya baik manfaat kontrasepsi dan non kontrasepsi akan menjadi faktor pendukung bagi ibu milenial dalam menentukan pilihan," ujar dia.

Perencanaan keluarga dapat dilakukan dengan mengendalikan kehamilan menggunakan alat kontrasepsi modern. Namun, terbatasnya pengetahuan mengenai metode kontrasepsi modern dan kesalahpahaman kerap menjadi hambatan utama penggunaannya.

“Banyak ibu milenial yang masih takut menggunakan pil kontrasepsi hormonal karena dapat menyebabkan ketidaksuburan rahim atau dikenal dengan istilah rahim kering, menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Pada kenyataannya, hal tersebut tidak benar. Ada penelitian ilmiah yang dapat mematahkan seluruh mitos yang ada,” papar dr. Boy.

Menurut dr. Boy, kontrasepsi modern memberikan kekuatan pilihan atau power of options kepada perempuan juga keluarganya dengan memberikan mereka ketenangan pikiran dalam merencanakan masa depan sehingga mereka dapat memperoleh kesempatan yang lebih luas dalam meraih keinginan mereka. Di samping itu manfaat nonkontrasepsi yang menyertainya dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan.

"Contohnya pil kontrasepsi modern memiliki tingkat efektivitas proteksi kehamilan sebesar 98—99% dan saat ini ada pil kontrasepsi modern dengan kandungan Drospirenone 3 mg dan Ethinylestradiol 0,03 mg yang memiliki manfaat tambahan non kontrasepsi seperti mempertahankan berat tubuh, mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan jerawat," tutur dr. Boy.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8040 seconds (0.1#10.140)